Cara Membersihkan Karpet Polyester. Kamu Harus Tahu.

Jangan asal nyuci, kamu harus tahu cara membersihkan karpet polyester yang benar sebelum memulainya. Meski karpet dengan bahan polyester kebanyakan anti kerut dan tahan untuk tidak pudar, penanganan yang salah bisa mengakibatkan kondisi dan penampilannya acak adul atau rusak. Tips cara membersihkan karpet polyester berikut bisa kamu coba.

Sekilas Tentang Bahan Polyester

Polyester adalah nama jenis kain. Dinamakan Polyester karena proses pembuatannya menggunakan benang atau serat polyester. Polyester ini termasuk ke dalam kain sistetis atau buatan. Yaitu bukan alami dari alam melainkan diciptakan dengan sengaja dari senyawa kimia seperti ethylene glycol, dan asam tereftalat, yang dikombinasikan dengan polyethylene terephathalate (PET) yang berasal dari minyak bumi (petroleum).

Kain polyester banyak digunakan karena memiliki cukup banyak kelebihan dibanding kain lainnya. Beberapa kelebihan yang dimiliki kain Polyester diantaranya tahan lama, hidrofobik atau mudah kering jika terkena air, tidak mudah berkerut dan bisa menahan panas tubuh. Untuk karpet polyester sendiri banyak dipilih karena umumnya dibuat dengan motif yang unik dan dekoratif.

Tutorial Cara Membersihkan Karpet Polyester

cara membersihkan karpet polyester

Berikut langkah-langkah cara membersihkan karpet polyester, kamu bisa mengikutinya step by step untuk kamu coba dirumah:

Cara membersihkan karpet polyester:

  1. Bersihkan karpet

    Bersihkan karpet polyester untuk memisahkan debu yang menempel. Cara termudah adalah menggunakan Vacuum Cleaner namun kamu bisa melakukannya secara manual menggunakan sapu atau dengan cara mengibas-ngibaskan karpet.

  2. Sikat area noda

    Lakukan penyikatan pada area yang terdapat noda. Jika kamu menggunakan mesin Polisher, pastikan menggunakan spon untuk menyikatnya. Atau jika kamu menggunakan cara manual, gunakan sikat tangan lembut.

  3. Gunakan pembersih karpet

    Bahan polyester cenderung tahan terhadap bahan kimia. Disini kamu bisa menggunakan bahan kimia pembersih apa saja untuk membantu menghilangkan noda asal tidak yang ekstrim. Adapun shampo karpet yang biasa Karpet Bersih gunakan adalah Rugbee Shampoo dari Johnson.

  4. Sedot sisa kotoran

    Setelah dilakukan penyikatan area yang bernoda, selanjutnya lakukan penyedotan residu, yaitu air sisa penyikatan. Cara paling baik adalah dengan menyedot sisa air menggunakan Vacuum Cleaner Wet & Dry.

  5. Lakukan pengeringan

    Tahap terakhir adalah melakukan pengeringan karpet. Kamu angin-anginkan saja dengan menggunakan kipas angin atau biarkan di tempat yang terbuka. Atau untuk proses yang lebih cepat bisa menggunakan Blower.

  6. Selesai

    Tutorial cara membersihkan karpet polyester selesai. Kini karpetmu sudah bersih kembali.

Catatan dalam Membersihkan Karpet Polyester

Cara membersihkan karpet diatas bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan sikat tangan. Namun untuk hasil terbaik bisa menggunakan kombinasi mesin Polisher atau sering disebut mesin pembersih karpet dengan Vacuum Cleaner.

Jika ukuran karpet polyester mu tidak terlalu luas, kamu bisa menggunakan pembersihan karpet dengan metode gantung. Dengan metode ini bisa menghemat beberapa langkah. Selain kamu tidak perlu menyedot air residu karena otomatis akan terjatuh saat tergantung, proses pengeringan juga akan lebih cepat karena tempat yang digunakan adalah area terbuka dimana terdapat banyak angin yang dengan sendirinya membantu mempercepat proses pengeringan karpet.

Tentu saja kamu bisa melakukan pencucian karpet diatas secara mandiri, namun jika kebetulan kamu sibuk atau khawatir dengan hasil yang didapat, kamu bisa menggunakan jasa cuci karpet profesional. Menggunakan jasa pembersih selain mudah dan praktis, juga lebih menjamin kebersihan serta jaminan hasil yang baik. Silahkan hubungi tim Karpet Bersih jika kamu membutuhkan jasa pembersih yang siap datang ke rumah.

Tinggalkan komentar